Translate

Monday 8 June 2015

METODE PENELITIAN DALAM PSIKOLOGI



KATA PENGANTAR

السلام عليكم ور حمة الله و بر كا ته
Bismillahirrahmanirrahin.

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia beserta isinya. Dia-lah Zat yang kita sembah,tempat kita meminta pertolongan dan ampunannya-Nya. Shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita,Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan dunia.
            Alhamdulillah kami ucapkan,karena masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan makalah ini. Terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu kami untuk  menyelesaikan makalah ini. Namun kami menyadari bahwa terdapat kekurangan di dalam makalah ini. Oleh karena itu dengan senang hati kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun.Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin
Wassalamualaikum wr.wb



                                                                                    Pekanbaru,30 September 2014




DAFTAR ISI












BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kelahiran psikologi tidak dapat dilepaskan dari filsafat tentang jiwa. Para filsuf sudah sejak lama tertarik dengan dirinya sendiri, menginginkan pengertian tentang hakikat jiwa yang tertanam dalam diri manusia. Jiwa yang tampak merangsang pikiran untuk cari sosoknya yang paling hakiki. Plato menyatakan bahwa jiwa yang sesungguhnya adalah idea yang menguasai semua alam materi. Materi tanpa idea sama dengan kenihilan. Oleh karena itu, plato berkeyakinan bahwa dunia lahir adalah dunia pengalaman yang selalu berubah-ubah dan berwarna-warni.
Semua itu merupakan bayangan dari dunia idea. Sebagai bayangan,hakikatnya hanyalah tiruan dari yang aslinya,yaitu idea. Pengalaman berubah-ubah dan bermacam-macam. Keadaan idea bertingakat, tingkat idea yang paling tinggi adalah idea kebaikan selanjutnya adalah idea keindahan yang menimbulakan seni, ilmu, pendidikan, dan politik.
1.2  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini akan di bahas tentang beberapa hal diantaranya antara lain:
A.    Apa  Pengertian metodologi penelitian kuantitatif?
B.     Apa Pengertian metodologi penelitian Kualitatif?
C.     Apa itu metode Klinis?
D.    Apa Itu Metode statistic?
E.     Apa Itu Metode Case history?
F.      Apa Itu psikotes?
1.3  Tujuan
Adapun tujuan dalam makalah ini adalah untuk mengetahui apa-apa saja metode dalam penelitian psikologi.
BAB II
PEMBAHASAN

METODE PENELITIAN DALAM PSIKOLOGI
Sebagai ilmu, psikologi memiliki metode tersendiri dalam melakukan pelbagai penelitian yang berkaitan dengan tingkah laku manusia maupun hewan. Ada beberapa metodologi penilitian dalam psikologi yang banyak digunakan dalam penelitian,yaitu sebagai berikut:
A.Pengertian motodologi penelitian kuantitatif
            Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dalam penyajian dan analisis yang menggunakan uji statistika. Dalam penelitian kuantitatif, realitas dipandang sebagai sesuatu yang konkret, dapat diamati dengan pancaindra, dapat dikategorikan menurut bentuk,jenis,warna, dan prilaku, tidak berubah dan dapat diverifikasi. Dalam penelitian ini lebih bersifat sebab akibat dan  yang lebih ditekankan adalah memperluas informasi.
            Menurut Cik Hasan Bisri (2005:274),karekteristik penelitian kuantitatif sebagai berikut:
1.      Hakikat realitas
2.      Konsep kunci yang digunakan:peubah(variabel), operasinalisasi, hipotesis, kesahihan(validity), keterandalan(reability),dll.
3.      Istilah yang digunakan: eksperimental, data kasar, perspektif luar, atau pandangan etik, empiris, positivitis, fakta social,statistic.
4.      Afialisi teori: structural fungsional,dll.
5.      Afiliasi akademis: psikologo, ilmu ekonomi, sosiologi,dll.
6.      Orientasi
7.      Tujuan
8.      Rancangan penelitian
9.      Usulan penelitian
10.  Metode
11.  Data
12.  Sampel
13.  Metode dan teknik
14.  Relasi dengan subjek
15.  Instrument atau alat
16.  Analisis data
17.  Peranana nilai
18.  Masalah
B.Metodologi penelitian kualitatif
            Metode muncul karena terjadi peribahan paradigma dalam memandang suatu realita/fenomena/gejala. Penelitian ini sering disebut penelitian naturalistic karena dilakukan pada koondisi yang alami. Kriteria dalam penelitian ini adalah data yang pasti. Dalam penelitian ini tidak menggunakan teori melainkan menggunakan fakta-fakta yang ditemukan. Ada empat filosofis yang mempengaruhi dalam penelitian kualitatif,yaitu:
1.      Fenomenologis
2.      Interaksi simbolis
3.      Kebudayaan
4.      Antropologi



Dari dua macam penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa metode yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.      Metode eksperimen
Metode ini dapat dilakukan di luar ataupun dalam laboratorium atau menggabungkan keduannya.
2.      Metode observasi
Merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian kualitatif.
C.    Metode Klinis
Metode ini bertujuan untuk menentukan kualitas penyesuaian diri individu terhadap lingkungan hidupnaya,baik yang terajadi secara umum maupun khusus. Metode ini dilakukan di RSJ,RS, pusat rehabilitas jiwa,dll.
D.    Metode Statistik
Adalah salah satu kunci utama dari penelitian kuantitatif. Ciri khusus dalam metode ini adalah adanya perhitunagan matematis yang memastikan ukuran setiap hasil penelitian dan mengguanakan teori bilangan dengan menguji data yang telah dikumpulkan.
            Teori statistik yang dasar adalah perhitungan yang melalui parameter yang telah dirumuskannya. Metode statistik dibedakan menjadi dua yaitu:
1.      Statistik paramentik merupakan ilmu statistika yang mempertimbangakan jenis sebaran atau distribusi data, tentang sebaran data yang normal atau tidak  normal. Jika data tidak menyebar normal, data harus dikerjakan dengan metode statistika non para metric
2.      Statistika Non parametric adalah statistika bebas sebaran. Biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada data berjenis nominal atau ordinal.

E.     Metode Case History
Disebut juga dengan metode biografi ilmiah. Dalam metode ini, yang paling diperlukan adalah sejarah kehidupan individu, organisasi maupun kelompok masyarakat tertentu. Penelitian psikologi yang menggunakan pendekatan biografis dititik beratkan pada upaya untuk merekam ulang berbagai pengalaman seseorang masyarakat tertentu dalam kurun waktu tertentu
F.     Psikotes
Dapat disebut sebagai metode atau tekhnik pemeriksaan dan pengujian data psikologis terhadap individu. Psikots dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui tingkat kecerdasan individu, minat, bakat, kepribadian, persepsi dan lain sebagainya. Kegunaannya adalah untuk mendianosis factor-faktor kejiwaan individu. Dengan psikotes,dapat diketahui berbagai indikasi mengenai kepribadian individu yang selanjutnya dapat ditafsirkan secara psikologis dengan kerangka atau teori psikologi yang sudah diakui validitasnya secara ilmiah.











BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa metode dalam penelitian islam itu tidak hanya satu melainkan terdiri dari beberapa metode,yaitu sebagai berikut:
a.       Metodologi penelitian kuantitatif
b.      Metodologi penelitian kualitatif
c.       Metode klinis
d.      Metode statistic
e.       Metode case history
f.       Psikotes










DAFTAR PUSTAKA

Beni Ahmad Saebani.Metode Penelitian. Cet. I. Bandung: Pustaka Setia. 2008
Mursidin.Psikologi Umum. Cet. I. Bandung: Pustaka Setia. 2010

No comments:

Post a Comment